Waktu

Scientia Afifah

“Bila semua cara belum berhasil, mungkin tinggal waktu.
Waktu itu adalah makhluk ciptaan Allah yang sangat unik. Dia bersama kita tanpa bisa dikendalikan, dia berjalan tanpa bisa dihentikan, dia hanya bisa direncanakan dan diprediksi tanpa pernah bisa diintervensi, dan dia berjalan mengikuti perasaan lalu menggiring kita pada hasil yang sesuai dengan apa yang kita usahakan.

Maka lihatlah perjalanan hidup para nabi, ulama, dan orang-orang sholeh. Misi mereka selalu ditingkahi oleh waktu-waktu yang membawa tantangan amat berat, tapi mereka bertahan dan menang karena keikhlasan. Tekad mereka menjauhkan kegelisahan, pada akhirnya usaha pun berbuah kegemilangan. Fitnah sering kali menghampiri, tidak saja datang dari orang lain, bahkan sahabat dan keluarga sendiri. Tapi mereka tetap teguh, yakin, dan berserah diri, hingga akhirnya masa-masa sulit itu bisa dilewati.

Waktu memang selalu ingin menyempurnakan ceritanya. Begitu pula dengan kita. Keberhasilan yang kita harap dari sekian banyak usaha yang kita lakukan, mungkin belum terlihat karena waktu belum…

View original post 40 more words

Leave a comment